contoh validasi instrumen desain media pembelajaran pbl | ONE PRINT JOGJA

contoh validasi instrumen desain media pembelajaran pbl

Validasi Instrumen Desain Media Pembelajaran Berbasis Masalah: Studi Kasus

Validasi instrumen merupakan langkah penting dalam pengembangan media pembelajaran. Instrumen yang valid memastikan bahwa data yang dikumpulkan akurat, andal, dan dapat diinterpretasikan dengan tepat. Studi kasus ini menyajikan contoh validasi instrumen desain media pembelajaran berbasis masalah (PBL).

Tim peneliti mengembangkan instrumen desain media pembelajaran PBL yang mencakup aspek-aspek seperti perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi instrumen dilakukan melalui tiga tahap:

Tahap 1: Validitas Muka

Validitas muka diuji dengan melibatkan beberapa ahli materi yang menilai apakah instrumen tersebut relevan, jelas, dan mudah dipahami. Para ahli memberikan umpan balik yang kemudian digunakan untuk merevisi instrumen.

Tahap 2: Validitas Konstruk

Validitas konstruk diuji menggunakan metode Analisis Faktor Eksploratori (EFA). EFA bertujuan untuk mengidentifikasi struktur laten yang mendasari instrumen dan memastikan bahwa item-item dalam instrumen mengukur konsep yang sama.

Tahap 3: Validitas Kredibilitas

Validitas kredibilitas diuji dengan melibatkan pendidik dan praktisi yang menggunakan instrumen untuk mendesain media pembelajaran PBL. Umpan balik yang diperoleh dari pengguna memberikan wawasan tentang praktisitas, kegunaan, dan efektivitas instrumen.

Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki validitas muka yang baik, dengan semua item dinilai relevan dan jelas oleh para ahli. Analisis EFA mengonfirmasi adanya dua faktor laten yang mendasari instrumen, yaitu Faktor 1: Perencanaan dan Pengembangan, dan Faktor 2: Implementasi dan Evaluasi. Instrumen juga terbukti memiliki validitas kredibilitas yang baik, dengan pengguna melaporkan bahwa instrumen tersebut mudah digunakan dan memberikan panduan yang komprehensif untuk desain media pembelajaran PBL.

Dengan menggunakan instrumen yang valid, tim peneliti dapat memperoleh data yang andal dan valid untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran PBL yang dikembangkan. Studi ini menekankan pentingnya validasi instrumen dalam penelitian dan pengembangan pendidikan.

Rekomendasi

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website company profile, landing page, atau desain grafis online berkualitas tinggi, jangan ragu untuk menghubungi WWW.SEHARIJADI.COM. Dengan tim desainer dan pengembang web berpengalaman, WWW.SEHARIJADI.COM siap membantu Anda menciptakan solusi digital yang inovatif dan efektif. Hubungi kami melalui WhatsApp di 081222555598 atau kunjungi situs web kami di WWW.SEHARIJADI.COM.

Testimoni Pelanggan

  • "Saya sangat terkesan dengan kualitas desain website yang dibuat oleh WWW.SEHARIJADI.COM. Website saya terlihat profesional dan modern, dan saya mendapatkan banyak pujian dari klien saya." – Budi, Pemilik Bisnis Online

  • "Tim WWW.SEHARIJADI.COM sangat komunikatif dan membantu. Mereka sabar dalam menjawab pertanyaan saya dan memastikan bahwa saya puas dengan hasil akhirnya." – Sari, Pengusaha

  • "Saya tidak ragu merekomendasikan WWW.SEHARIJADI.COM kepada siapa pun yang mencari jasa desain grafis online. Harga mereka terjangkau dan kualitas pekerjaannya luar biasa." – Andi, Desainer Grafis

  • "Saya menggunakan WWW.SEHARIJADI.COM untuk mendesain logo perusahaan saya. Saya sangat senang dengan hasilnya, dan logo tersebut telah menjadi bagian penting dari identitas merek saya." – Rina, Pengusaha

  • "WWW.SEHARIJADI.COM memberikan solusi digital yang komprehensif untuk perusahaan saya. Mereka mendesain website, landing page, dan materi pemasaran, dan semuanya sangat profesional." – Iwan, Manajer Pemasaran

Add Comment